Tuesday, October 7, 2008

Suite Magellan, Dari Microsoft Untuk Portugal


MICROSOFT memberikan sebuah paket software untuk pengguna laptop murah yang biasa digunakan oleh siswa sekolah di Portugal.

Langkah ini merupakan salah satu upaya Microsoft untuk meningkatkan penetrasi penggunaan internet di wilayah tersebut. Bahkan pemerintah Portugis berharap dengan adanya bantuan software murah ini maka penetrasi edukasi dan teknologi akan semakin meningkat dengan cepat.

Magellan sendiri merupakan laptop murah yang dimunculkan berdasarkan inisiatif pemerintah Portugal agar dapat digunakan oleh siswa sekolah. Mereka menargetkan produksi sekira 500.000 unit laptop dengan harga sekira USD69,29 saja. Bahkan nantinya, laptop tersebut tidak hanya akan digunakan oleh anak-anak di sekolah dan di rumah tapi pemerintah Portugis juga akan mengeksport laptop tersebut ke luar negeri seperti Amerika Latin dan Afrika.

Menyambut langkah baik tersebut, Microsoft langsung membuat software yang akan dipaketkan dengan laptop Magellan. Software tersebut bernama Suite Magellan, yang terdiri dari software Windows XP dan Office, free email dan instant messaging.

"Langkah ini merupakan strategi yang unik dan baik untuk diterapkan secara global. Bahkan hal ini merupakan contoh yang baik dimana perusahaan swasta dan pemerintah dapat saling bekerja sama untuk menciptakan kesempatan baru," ujar CEO Microsoft Steve Ballmer, seperti dikutip melalui PC World, Senin (6/10/2008).

Pemerintah Portugal telah mengeluarkan kebijakan baru untuk meningkatkan standar edukasi dan teknologi di sekolah-sekolah di wilayahnya. Hal ini dipercaya sebagai langkah konkrit untuk kemajuan negara. Bahkan akses komputer akan semakin ditingkatkan, dari sekarang yang hanya berjumlah 5 anak untuk satu komputer, pada tahun 2010 akan menjadi satu komputer dapat dinikmati oleh dua orang siswa.

Saat ini beberapa negara juga telah mengadopsi laptop dengan harga murah, seperti Indonesia dan Brazil. Magellan milik Portugal sendiri saat ini laptop pesanan dari Presiden Venezuela Hugo Chavez dengan total unit sekira 1 juta untuk kepentingan sekolah. Potugal telah menyerahkan proses produksi laptop murah berbasis Interl Classmate's PC ini kepada perusahaan bernama JP Sa Couto.

http://malangoke.wordpress.com
http://nino-computer.co.nr

0 comments:

Your Ad Here