Wednesday, October 22, 2008

Aplikasi Lamaran Kerja Online Rawan Penyelewengan

Pengiriman aplikasi surat lamaran kerja di internet memang telah menjadi trend selama beberapa tahun terakhir. Tapi yakinkah anda, jika identitas dalam Curiculum vitae (CV) yang anda tulis tersebut aman. Banyak para pelamar kerja via e-mail tertipu oleh sekelompok orang atau perusahaan yang berusaha mengambil keuntungan dari data-data pribadi anda yang sangat mudah ditemukan di internet.

IProfile, sebuah lembaga di Inggris, bersama pihak kepolisian dan Information Assurance Advisory Council (IAAC) menguji keamanan aplikasi lamaran pekerjaan. Seperti dikutip dari The Inquirer, Selasa (21/10/2008), Iprofile memasang sebuah iklan lowongan kerja di media masa. Masyarakat yang tertarik dengan lowongan tersebut diminta mengirimkan CV dan aplikasi lamaran kerja ke sebuah situs Denis Atlas.

Melalui cara tersebut, IProfile mendapatkan 107 orang terjebak dalam perangkap, di mana pelamar memberikan data pribadi secara lengkap, dan parahnya lagi 61 dari jumlah tersebut mencantumkan nomor kartu kredit yang sebenarnya sangat rentan dibobol.

Sementara itu, anggota IAAC, Neil Fisher mengatakan, kebanyakan pelamar sangat senang mengirimkan CV di internet tanpa memikirkan konsekuensi jika informasi tersebut jatuh ke tangan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Terkait hal itu, pihak kepolisian dan Iprofile menganjurkan kepada para pelamar kerja agar lebih berhati-hati untuk mencantumkan data pribadi. Masyarakat juga diingatkan agar tidak mudah percaya dengan segala tawaran pekerjaan yang ada di internet.
http://nino-computer.co.nr
http://malangoke.wordpress.com

0 comments:

Your Ad Here