Thursday, October 9, 2008

Epson Siapkan Teknologi Kamera Digital Anti-Goyang


Sebal ya jika hasil foto kita tidak jelas, alias kabur gara-gara tangan agak bergoyang saat menekan tombol shutter kamera digital. Memang sampai detik ini, teknologi anti-goyang (anti-shaking) untuk kamera digital masih sangat mahal. Lihat saja bagaimana harga kamera digital yang berteknologi tersebut selalu di atas yang tanpa teknologi penstabil gambar. Ini dikarenakan biaya untuk sistem optikal dan chip memori yang digunakan untuk mengolah image mmang masih mahal.

Namun ada kabar baik dari Epson Toyocom Corp. Perusahaan ini sedang mengembangkan teknologi penstabil yang biayanya tidak mahal. Yang dilakukannya – dengan menggunakan sensor gyro - adalah memprediksi jumlah kekaburan (blur) yang akan tampil di gambar sebelum Anda menekan tombol shutter kamera digital.

Tergantung pada data yang didapat untuk memprediksikan jumlah kekaburan itu, sensitivitas ISO dan kecepatan shutter pun akan disesuaikan. Semakin tinggi jumlah prediksi kekaburan akibat gerakan, seharusnya semakin tinggi juga kecepatan shutter-nya.

Karena teknologi ini hanya melibatkan penggunakan sensor gyro dan sebuah microcontroller, biaya pun jauh lebih ringan dibandingkan teknologi anti-shaking high-end. Tentu saja gambar hasilnya tidak boleh dibandingkan dengan teknologi anti-shaking high-end. Karena itulah teknologi ini tidak ditujukan pada kamera digital, tetapi pada ponsel kamera.

Menurut Epson, teknologi ini sudah siap untuk aplikasi komersial dan bisa digunakan kapan saja.

0 comments:

Your Ad Here