Thursday, October 16, 2008

Andal Software Luncurkan Aplikasi Pengelolaan Payroll


Perusahaan peranti lunak Andal Software meluncurkan Andal Kharisma versi 2009, sebuah aplikasi pengelolaan payroll pertama yang dibuat perusahaan lokal. Sesuai namanya, software ini menyediakan fitur yang diperlukan untuk mengelola payroll, seperti database, perhitungan gaji, tunjangan, dan pajak, absensi, dan sebagainya.

Menurut Direktur Andal Software Indra Sosrodjojo, produk senilai Rp 100 juta per unit ini merupakan pengembangan dari Andal Kharisma 2007. Perbedaan tersebut terletak pada user interface, proses perhitungan gaji dan pajak, alat analisa, database, dan lainnya.

Dalam hal user interface, Andal Kharisma 2009 menggunakan ribbon sehingga seluruh task terlihat dalam satu layar, sedangkan Andal Kharisma 2007 hanya menggunakan tampilan tradisional software aplikasi. Dalam hal proses perhitungan gaji dan pajak, Andal Kharisma 2009 menghitungnya secara otomatis, sedangkan pengguna Andal Kharisma 2007 harus menghitungnya secara manual.

Sedangkan untuk alat analisa, versi 2009 menyediakan pivot table dan pivot chart, sementara versi 2007 tidak menyediakan alat analisa apa pun. Database-nya pun berbeda, yakni adanya pilihan MS SQL atau Oracle, dibandingkan hanya MS SQL pada versi terdahulu.

Indra mengatakan, pengembangan ini dilakukan berdasarkan masukan-masukan yang disampaikan oleh kliennya. "Klien Andal Kharisma 2007 banyak memberikan masukan dan permintaan, seperti pencarian data karyawan yang lebih mudah, jumlah klik dalam akses menu dan jumlah layar entrian yang masih terlalu banyak, dan lainnya," kata Indra saat peluncuran, Kamis (16/10) di Jakarta.

Indra menargetkan, produk yang mulai dikembangkan sejak dua tahun lalu ini akan terjual 200 unit hingga akhir tahun 2009, atau sekitar dua kali lipat dari tahun lalu.

0 comments:

Your Ad Here