Friday, October 24, 2008

Empat Perusahaan Hadirkan Solusi Lengkap Data Center

Empat nama besar dalam industri teknologi informasi yaitu APC, Cisco, Siemon dan Mastersystem berkolaborasi dalam menyediakan solusi lengkap data center. Kolaborasi ini membawa pendekatan baru terhadap data center, yaitu data center harus mampu menjalankan operasional berkelanjutan, efisien, sekaligus peduli terhadap lingkungan.

Para vendor mengedepankan keahlian masing-masing untuk memungkinkan visi tersebut diimplementasikan oleh para pelanggannya. Siemon menyediakan solusi perkabelan jaringan, APC menyediakan solusi critical power dan cooling services, Cisco menyediakan solusi jaringan, serta Mastersystem yang memiliki pengalaman yang luas dalam implementasi data center untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia.

Kolaborasi ini menjawab kebutuhan pasar terhadap peran data center yang menjadi komponen utama dari berjalannya perusahaan. Sekaligus menjawab tren jaringan enterprise yang menuju konvergensi jaringan tunggal terdiri dari perangkat, layanan dan aplikasi.

Membangun data center adalah suatu usaha yang kompleks karena menggabungkan hampir semua komponen yang berada di dalam teknologi informasi. Data center tidak bisa dilihat dari satu sisi saja, seperti kapasitas storage saja, tetapi harus menggunakan pendekatan holistik agar tujuan dari perusahaan untuk produktif, efisien sekaligus peduli lingkungan dapat tercapai.

Pilihan perkabelan 10Gbps yang komprehensif dari Siemon dirancang untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda akan data center. XGLO laser Siemon mengoptimalkan kabel optik 10Gbps. Solusi kabel tembaga TERA Category 7A/Class FA, serta 10G 6A F/UTP dan UTP, menawarkan performa kabel tembaga dan fiber, konektifitas, dan pilihan pengelolaan kabel yang handal.

"Berbicara mengenai data center berarti berbicara akan kelangsungan bisnis. Ketersediaan energi diperlukan untuk memastikan tidak terjadi hilangnya data-data penting yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan dalam melayani pelanggannya," kata Nico Sutikno, Marketing Manager APC Indonesia, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (23/10/2008).

Isu pemanasan global dan kenaikan harga minyak dan gas bumi yang semakin tinggi telah membuat berbagai kalangan, khususnya para pelaku dunia usaha dan perusahaan mulai berpikir untuk menghemat energi pada operasional data center dan infrastruktur TI mereka. Untuk itu APC memperkenalkan konsep Efficient Enterprise yang menerapkan '4Cs' (Containing The Heat, closely Coupling the cooling, right sizing Components, & managing Capacity) atau berarti mengisolasi panas, mengarahkan proses cooling menuju pusat panas, menggunakan komponen-komponen yang sesuai, dan mengatur kapasitas untuk mengoptimalkan efisiensi data center. Selain itu juga untuk memastikan data center dapat diatur lebih mudah, ramah lingkungan dan dapat menghemat energi, serta meningkatkan ketersediaan dan posisi bisnis untuk pertumbuhan di masa yang akan datang.

Wide Area Application Services (WAAS) Cisco yang memungkinkan para pelanggan memaksimalkan bandwith mereka untuk menyampaikan informasi, dan jajaran Nexus Cisco dari data center switches, menandai evolusi selanjutnya dari Cisco Data Center 3.0. Cisco mempromosikan network sebagai platform untuk merubah data center menjadi lingkungan virtual yang dapat diakses kapan saja, dimana saja, dan melalui alat apa pun.

Mastersystem sebagai salah satu System Integrator di Indonesia, telah mempunyai pengalaman dalam membangun Solusi Data Center, termasuk Solusi Cisco System, Perkabelan Siemon, dan perangkat-perangkat APC. Bahkan Mastersystem menjadi satu-satunya perusahaan lokal yang bergabung dalam Gold Partner Cisco Indonesia.

0 comments:

Your Ad Here