Tuesday, October 28, 2008

CD-Rom Sahabat Para Remaja, Teen Friend


(foto: ist)

KALKUTA - Tumbuh menjadi seorang remaja bukanlah suatu fase kehidupan yang gampang untuk dilewati tanpa adanya bimbingan yang benar. Menyadari betapa rawannya remaja dalam menghadapi masa-masa pubertas, sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) di India baru saja meluncurkan sebuah CD-ROM yang diperuntukkan menjadi 'kitab penting' bagi kalangan remaja dalam menjalani masa-masa pertumbuhan mereka.

CD-ROM istimewa yang diberi nama 'Teen Friend' ini akan menjadi elemen pelengkap untuk sebuah institut, yang secara khusus didedikasikan untuk kepentingan anak-anak remaja, bernama Adolescent Resources Centre (ARC). ARC ini masih merupakan bagian dari Child In Need Institute (CINI).

Cakram padat ini sudah diisi dengan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan seputar perubahan tubuh menjelang pubertas, menstruasi, perilaku incest, penyalahgunaan obat-obatan, serta manajemen stres. Selain itu, menyadari betapa besarnya antusiasme remaja terhadap hal yang berkaitan dengan seksualitas, Teen Fiend juga bisa menjawab pertanyaan tentang kontrasepsi, kehamilan remaja, perbedaan antara laki-laki dan perempuan, serta penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual seperti HIV/AIDS.

"Teen friend merupakan usaha kami untuk menyediakan informasi yang lengkap bagi para remaja tentang hal-hal yang erat kaitannya dengan mereka, seperti reproduksi seksual dan kesehatan psiko-sosial. Topik-topik seperti ini biasanya mereka diskusikan dengan teman-temannya. Sayangnya, informasi yang disampaikan sering sekali menimbulkan kesalahpahaman," papar asisten direktur dari CINI Sanchita Banerjee, seperti dikutip dari Telegraph India.

" Dalam menyusun Teen Friend kami memanfaatkan pengalaman kami dalam menangani problematika remaja. Selain itu pertanyaan-pertanyaan yang pernah ditanyakan oleh para remaja melalui layanan telepon konseling CINI menjadi panduan kami dalam memilih topik apa saja untuk dimasukkan ke dalam Teen Friend," tambah Banerjee.

Untuk bisa lebih menjadi sahabat terbaik bagi para remaja, di setiap seksi Teen Friend disisipi dengan permainan interaktif, kuis, dan puzzle yang bisa menguji pengetahuan remaja pengguna Teen Friend tentang suatu topik tertentu. Pada saat ini, Teen Friend baru digunakan di Bengal Barat dan Jharkhand.


More info click here :
http://nino-computer.co.nr
http://baliforever4u.blogspot.com
http://malangoke.wordpress.com

0 comments:

Your Ad Here