Wednesday, October 8, 2008

Samsung VP-HMX10, Camcorder HD yang Bersahabat

Berkat dukungan player Blu-ray yang mulai muncul, belakangan ini hadirlah camcorder dengan kemampuan merekam dalam standar Full-HD (1920x1080 pixel) yang paling tinggi saat ini. Sayangnya harga produk Blu-ray masih mahal sehingga belum disambut konsumen dengan cepat. Alih-alih masuk ke segmen Full-HD yang masih mahal tersebut, konsumen kebanyakan masih puas dengan kualitas HD yang kualitasnya sedikit di atas DVD. Nah perekam video berstandar HD pun kini bermunculan seperti seri VP-HMX10 dari Samsung.

Sepintas desain VP-HMX10 masih seirama dengan camcorder digital lainnya, utamanya yang menggunakan media perekam harddisk. Namun ternyata model ini menggunakan media penyimpan data dalam bentuk kartu memori SD/MMC sampai kapasitas 32GB dengan memanfaatkan format MPEG4 H.264 (AVCHD) untuk video dan JPEG untuk foto. Format AVCHD biasanya lebih ideal disimpan dalam harddisk, utamanya dengan pilihan bitrate yang tinggi.

Bisa jadi VP-HMX10 tidak beda dengan minicam digital yang juga merekam ke media kartu memori. Namun Samsung memberikan beberapa kelebihan, seperti kemampuan merekam video sampai resolusi 1280x720 dalam kecepatan 50fps. Jumlah frame di atas 30fps ini sudah layak untuk menjadikan tontonan video yang mulus.

Sebagai preview, VP-HMX10 memanfaatkan layar LCD 2,7” (rasio 16:9) yang juga menampilkan menu/fungsi yang aksesnya dilakukan dengan cara sentuh. Kami cukup suka dengan gaya menu yang terstruktur dan mudah dimengerti ini. Namun bila Anda tidak suka berepot-ria dengan konfigurasi tersebut silakan mengaktifkan mode EASY yang membuat penggunaan camcorder menjadi lebih mudah dan praktis.

Selain merekam video, VP-HMX10 membolehkan Anda memotret obyek yang dapat juga dibantu dengan lampu LED sebagai penerang tambahan. Sayang mode fotografi ini lebih tampil apa adanya, terlihat dari pilihan scene yang hanya 4
(sport, portrait, spotlight, beach/snow) dan minimnya setting manual serta proses image interpolasi untuk mencapai resolusi maksimal (2048x1536 pixel). Akan tetapi kami mencatat beberapa hal bagus seperti kemampuan zoom optis 10x, kualitas bidikan makro yang cukup baik, dan gagang pegangan camcorder (grip) yang bisa berputar sampai 150 derajat untuk memudahkan pembidikan.

***

Ditilik dari kualitasnya, format rekaman MPEG4 dari VP-HMX10 kurang memuaskan jika dibandingkan camcorder jenis harddisk dengan format AVCHD. Video yang terlihat tampak memunculkan noise yang makin parah pada kondisi cahaya yang minim. Hal bagus muncul pada fasilitas editing video di mana Anda bisa meng-edit dengan pilihan penghapusan sebagian, memisah, atau menggabungkan video. Koneksi data VP-HMX10 terbilang lebih luas karena menyediakan saluran HDMI, component AV, dan juga USB. Karena itu VP-HMX10 merupakan camcorder digital HD yang bisa dipertimbangkan jika Anda mencari perekam HD yang terjangkau.

Sumber: InfoKomputer

PLUS: Mudah dipakai; frame rate tinggi; format layar 4:3 dan 16:9; dukungan software; grip fleksibel; harga.

MINUS: Tak bisa memotret saat merekam video; noise pada video; detail image; tanpa blitz.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 3,5
Fasilitas : 3,75
Penggunaan : 4,5


SPESIFIKASI : SAMSUNG VP-HMX10
Resolusi sensor: 1,56 megapixel CMOS
Resolusi foto (min/max): 640x480 / 2048x1536 pixel
Resolusi video (min/max): 720x576 / 1280x720 @ 50fps
Media perekaman: SD/SDHC/MMC
Format file (gambar/video): JPG/MPEG4 (AVCHD)
Ukuran lensa ekivalen-35mm (mm):-
Setting aperture (wide/tele):-
Ekivalen ISO:–
Zoom: Optical 10x / Digital 20x
Kecepatan shutter (detik):-
Fokus terdekat terbaik (cm):-
Diagonal LCD: 2,7” (wide)
Metode koneksi: HDMI, A/V, USB
Tipe batere/isi ulang: Li-Ion 7,4V 850mAh / Ya
Dimensi (plt): 12,5x6x6,5 cm
Bobot: 354 gram (dengan batere dan memori SD)
Situs Web: www.samsung.com
Garansi: 1 tahun

0 comments:

Your Ad Here