Wednesday, October 15, 2008

Scanner-Injak untuk Periksa Sepatu di Bandara

Ada kabar baik bagi Anda yang sering melawat ke luar negeri, dan sebal dengan keharusan mencopot sepatu dan jaket di titik pemeriksaan di dalam bandara udara internasional. Pemeriksaan superketat dan scan di bandara internasional, khususnya di AS, mungkin akan dilonggarkan. Anda mungkin tidak diharuskan melepaskan sepatu lagi seperti yang terjadi sekarang. .

Berterima kasihlah pada Richard Reid. Pada 22 Desember 2001, lelaki ini ditangkap karena berusaha menghancurkan pesawat Boeing 767 milik American Airlines dengan nomor penerbangan 63 jurusan Paris – Miami dengan cara menyulut bahan peledak yang disembunyikan di dalam sepatunya. Sejak saat itulah, pemeriksaan sepatu menjadi keharusan bukan cuma di bandara udara, tetapi juga di gedung pengadilan dan fasilitas-fasilitas aman lainnya.

Israel telah memperkenalkan scanner-injak yang disebut MagShoe. Scanner ini dpasang di bandara Ben-Gurion dan diletakkan di sebelah scanner walk-through di bandara. Dalam tempo dua detik, MagShoe akan memberitahukan apakah sepatu si penumpang yang berdiri di atasnya mengandungs sesuatu yang tidak biasa, seperti besi yang mungkin berupa pisau untuk melakukan pembajakan atau bagian dari sebuah bom.

“Inovasi ini mengantarkan nilai logistik yang sangat besar karena banyak mengurangi ketidaknyamanan dan keterlambatan yang dikaitkan dengan pemeriksaan standar sepatu,” kata Nissim Ben-Ezra, manager teknologi sekuriti untuk Israel's Airports Authority

Namun Nissim mengingatkan bahwa MagShoe harus digunakan bersama dengan tindakan kewaspadaan lain. Ini karena MagShoe tidak mampu mendeteksi bahan peledak yang disembunyikan.

0 comments:

Your Ad Here