Thursday, October 16, 2008

Cartridge Inkjet HP untuk Selamatkan Ginjal


Teknologi inkjet ternyata bukan hanya untuk printer. Perusahaan printer ternama HP telah sepakat untuk melisensikan paten inkjet-nya untuk dipakai dalam sistem pengobatan gagal ginjal. Begitu sebut Charlie Chapman (Director of IP Licensing, HP) seperti dikutip CNET.

Loh, apa hubungan HP dengan dunia kesehatan yah? Hmm, sebenarnya tahun lalu HP juga sudah melakukan hal serupa: melisensikan teknologi inkjet-nya untuk pemberian vaksin.

Bedanya, kali ini HP mengijinkan Home Dialysis Plus, sebuah perusahaan baru yang sedang mencari dana bernama, untuk menggunakan teknologi manajemen fluida yang dipakai di printer inkjet HP. HP menggunakan teknologi itu untuk menghitung secara tepat campuran tinta dan air, yang kemudian dimasukkan ke printer melalui sepotong kertas. Home Dialysis Plus akan menggunakannya untuk mencampur air keran dan solusi konsentrat dialisis pada batas yang dikhususkan untuk para pasien sehingga dapat diberikan di rumah, bukan di pusat perawatan seperti rumah sakit.

Para pasien yang membutuhkan cuci darah tiga kali seminggu sekali pada dasarnya harus bertahan hidup sampai perawatan berikutnya, begitu kata CEO HP Plus Michael Baker. Perawatan di rumah sebenarnya lebih ideal, tetapi sampai saat ini sulit untuk mendapatkan campuran yang tepat dari air dan cairan dialisis.

Menurut Baker, teknologi cetak HP memecahkan masalah tersebut. “Teknologi ini memungkinkan kita menciptakan campuran dalam sekejap begitu perawatan dilakukan,” katanya. Sistem HD Plus juga menggunakan sistem loading yang biasa ditemukan pada printer. Mirip pada cartridge tinta, campuran konsentrat dialisis berada dalam modul-modul, yang ditempelkan ke sistem perawatan seperti halnya memasukkan cartridge tinta ke printer.

Menurut HD Plus, produk yang menggunakan teknologi HP ini akan selesai dalam waktu 18 bulan sampai 2 tahun, dan harus lulus uji FDA sebelum bisa digunakan secara massal.

0 comments:

Your Ad Here