Wednesday, September 17, 2008

Google dan Yahoo Kerja Sama?



Alih-alih ingin mengambil untung lebih banyak, perjanjian antara Google Inc dengan Yahoo Inc untuk membagi sebagian pendapatan iklan, malah diklaim bisa memperlemah posisi Yahoo.

Setidaknya itulah yang diklaim World Association Newspapers (WAN) Senin awal pekan ini. Perkumpulan yang beranggotakan lebih dari 18.000 surat kabar dari seantero dunia ini, mengkritik kontrak yang ditandatangani Juni lalu. Isi kontrak tersebut kurang lebih berisi tentang kesediaan Yahoo menyediakan ruang untuk pemasangan iklan Google di sekitar sistem pencarian Yahoo. Kedua perusahaan yang tadinya rival ini menguasai lebih dari 80 persen pasar search engine.

"Kami secara tegas menentang usaha Google untuk mengambil porsi konten iklan Yahoo serta ide mereka untuk menggabungkan bisnis pencarian," tekan kelompok surat kabar tersebut dalam penjelasannya yang dikutip dari Reuters, Rabu (17/9/2008).

Menanggapi keberatan yang dilontarkan WAN, kedua gabungan perusahaan tersebut membela pilihan mereka untuk berkongsi.

"Kompetisi di antara dua perusahaan pencarian ini menyediakan pencegahan yang diperlukan terhadap segala bentuk penyimpangan pasar dan membantu meyakinkan pengiklan dan penyedia konten bahwa konten yang mereka pajang akan mendapatkan hasil yang sepadan dan adil," jelas juru bicara dari Yahoo dan Google.

Keberatan asosiasi surat kabar menentang kerja sama Yahoo dan Google dipengaruhi juga dengan keluarnya tuntutan yang dilayangkan penerbit terkait pelanggaran hak cipta yang dilakukan Google. Menjawab ini, pihak Yahoo dan Google membela diri dengan mengatakan perjanjian kerjasama ini bisa membawa perbaikan harga iklan.

Sebagai informasi, Google biasanya menuntut harga 20 hingga 35 persen dibanding harga rata-rata yang diterima Yahoo. Dikabarkan Yahoo akan menerima peningkatan harga sekitar 22 persen dengan adanya perjanjian ini.

Walaupun Google dan Yahoo menjanjikan perjanjian iklan ini hanya akan berlaku di Amerika Serikat dan Canada, WAN tetap beranggapan kerja sama ini akan menjegal usaha Yahoo untuk mengalahkan Google dan sebaliknya malah memberi Google celah untuk ikut campur dalam urusan iklan Yahoo.

"Proposal perjanjian ini benar-benar melemahkan Yahoo sebagai competitor Google," sebut WAN.

0 comments:

Your Ad Here