Friday, September 19, 2008

Bundling Ponsel Untungkan Perusahaan Telekomunikasi

KERJA samanya vendor ponsel dengan vendor jasa telekomunikasi dengan menyediakan ponsel bundling tentu bukannya tanpa alasan. Ponsel bundling bagi kedua belah pihak dinilai lebih menguntungkan. Dengan ponsel bundling, masing-masing perusahaan dapat melakukan promosi dan branding bersama-sama.

Tidak hanya itu, terjadi sinergi di antara kedua perusahaan. "Promosi dan branding masing-masing memperkuat perusahaan," kata EVP Marketing Product dan CRM Bakrie Telecom Ridzki Kramadibrata dalam peluncuran produk Hape Esia Ekspresi di Jakarta, Kamis (18/9).. Bakrie Telecom (BTEL) memang terkenal dengan ponsel bundlingnya. BTEL pernah bekerja sama dengan vendor ponsel Huawei, Nexian hingga Nokia.

Bagi pengguna, ponsel bundling dianggap lebih mudah dan praktis digunakan karena tidak perlu memasukkan kartu pra bayar ke dalam ponsel. Masih banyaknya masyarakat Indonesia yang belum mempunyai ponsel, tambah Ridzki, juga merupakan pasar yang besar bagi kedua belah pihak, salah satunya dengan menyediakan ponsel bundling murah. Selain itu, ponsel bundling CDMA masih menjadi pilihan konsumen sebagai ponsel kedua.

Salah satu vendor ponsel yang melihat peluang tersebut adalah PT LG Electronics Indonesia. Bekerja sama dengan BTEL, perusahaan tersebut meluncurkan ponsel bundling bernama Hape Esia Ekspresi. "Selama ini penjualan ponsel high-end kurang bagus. Baru-baru ini kami mengeluarkan ponsel low-end," ujar Kim Jae Hong, Sales and Marketing Senior Manager PT LG Electronics Indonesia.

0 comments:

Your Ad Here