Friday, September 26, 2008

Ericsson Bangun Pusat Riset di Pinggiran Gurun Sahara

Ericsson mengumumkan rencana mendirikan sebuah Innovation Center di pinggiran Gurun Sahara Afrika. Di fasilitas tersebut akan dikembangkan aplikasi-aplikasi melalui telepon seluler khususnya yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat miskin dan pedesaan.

Program riset fokus pada masalah kesehatan, pendidikan, pertanian, dan pengembangan industri kecil. Hal tersebut sekaligus bagian dari komitmen Ericsson untuk mendukung tercapainya Millenium Development Goals Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Ericsson Innovation Center akan melingkupi tiga poros pengembangan aplikasi, di Nigeria, Afrika Selatan dan Kenya. Sebagai awal, Innovation Center akan mengkonsentrasikan pada aplikasi-aplikasi bergerak, seperti m-health, dimana keuntungan dalam hal efisiensi akan dibuat. Aplikasi-aplikasi ini akan memungkinkan para pekerja kesehatan untuk mengumpulkan, mengawasi dan menyebarkan data seperti kelahiran, kematian dan epidemik, serta penggunakan perangkat telepon pintar dalam mendukung pengambilan keputusan di dalam kehidupan sehari-hari.

Aplikasi-aplikasi lainnya akan berkaitan dengan pendidikan, pertanian, pengembangan bisnis, keuangan, layanan permerintah dan peningkatan kemampuan komunikasi secara menyeluruh. Innovation Center juga akan mengembangkan kasus-kasus bisnis yang memungkinkan jaringan para operator untuk memperkenalkan dan memperluas layanan pita lebar bergerak bagi komunitas pedesaan bagi di Afrika maupun di luar Afrika.

"Komunikasi bergerak secara signifikan meningkatkan kualitas hidup, menyediakan alat-alat untuk mengantarkan sejumlah keuntungan sosial ekonomi bagi masyarakat di negara berkembang. Konektivitas tersebut membantu mengatasi kekuarangan sumber daya, terutama pada wilayah pedesaan, dan menyediakan akses ke jangkauan layanan, termasuk pendidikan dan perawatan kesehatan," ujar Jan Embro, Presiden Ericsson untuk wilayah pinggiran Sahara Afrika.

Innovation Center dibangun berdasarkan pengalaman global Ericsson dari proyek Gramjyoti, yang mengantarkan jangkauan layanan seperti pengobatan jarak jauh (telemedicine), m-learning dan m-governance kepada komunitas-komunitas lokal di India. Seperti halnya pada proyek Alokito di Bangladesh, yang mengantarkan moble learning dan perawatan kesehatan melalui internet berkecepatan tinggi di sekitar wilayah ibukota Dhaka.

http://malangoke.wordpress.com
http://nino-computer.co.nr

0 comments:

Your Ad Here