Monday, November 24, 2008

Blog Itu 'Musik Indie'

Menjamurnya blog di era seba canggih, bagaikan sebuah virus penyakit yang 'menulari setiap insan pecinta menulis. Namun media yang dianggap sebagai tonggak baru demokrasi tersebut, baru-baru-baru ini 'dinodai' dengan tindakan rasis yang mencemari nama baik blog.

Begitu mudahnya menciptakan sebuah ?ruangan? pribadi untuk menulis yang dikenal sebagai blog, sebenarnya sudah merupakan ruangan milik publik ketika sebuah tulisan ke dalam ruang tersebut dipublikasikan ke mata publik. Di sinilah peran blog yang tadinya sebagai milik pribadi, bergeser menjadi milik kolektif sehingga harus dibatasi dengan batasan dan etika.

"Ketika sebuah tulisan di-posting secara online, tulisan tersebut sudah menjadi masalah karena dibaca banyak orang. Kebebasan seseorang yang melakukan blogging secara otomatis dibatasi dengan kebebasan orang lain. Itulah resiko menaruh sesuatu di tempat publik," terang pimpinan Asia Blog Network, Budi Putra, di tengah-tengah diskusi di Pesta Blogger 2008, Sabtu (22/11/2008).

Menyadari betapa riskannya sebuah blog menyulut suatu perpecahan, Budi menegaskan bahwa blog yang baik adalah blog yang ditulis atas dasar sesuatu yang personal, namun dibawakan dengan cara yang enak dan dikuasai oleh penulisnya.

"Nge-blog adalah sesuatu yang personal, namun sesuatu yang menjadi passion kita, dengan cara yang fun di materi yang kita kuasai dengan baik," tambah Budi.

Memperkuat pemaparan Budi tentang blog yang dianggap sebagai bagian dari keluarga citizen journalism, seorang jurnalis senior, Pepih Nugraha, menyebut blog sebagai jurnalisme rasa baru.

"Dalam dunia musik ada musik indie dan musik rekaman. Bisa dikatakan blog sebagai musik indie. Sebagai elemen jurnalistik yang indie, media mainstream bisa merangkul blog untuk sinergi," papar Pepih.

Memanfaatkan kebebasan yang melekat di blog, menurut kedua bloggger tersebut, blog bisa dijadikan panggung baru untuk media berekspresi, sekaligus tempat pembaca mendapatkan informasi yang tidak didapatkan di media-media besar atau eksklusif.

"Blog itu sangat berguna karena penyebaran beritanya yang sangat cepat dan mengandalkan prinsip pertemanan. Orang-orang lebih cenderung mempercayai perkataan temannya, sehingga blog sangat efektif untuk menyampaikan apa saja, asal dengan batasan dan etika," tukas Budi sekaligus menutup penjelasan.


More info click here :
http://nino-computer.co.nr
http://baliforever4u.blogspot.com
http://malangoke.wordpress.com

1 comments:

fajargoth said...

salam kenal...
artikelnya keren banget gan :)
wawasan ane jadi bertambah nih...makasih ya gan infonya :)

ditunggu kunjungan baliknya :)

Your Ad Here