Thursday, December 11, 2008

Sistem Operasi Khusus untuk Netbook





Sudah punya netbook? Jika ya, apa sistem operasinya? Linux? Windows XP? Atau justru Windows Vista? Sistem-sistem operasi tersebut sebenarnya tidak dirancang untuk netbook atau nettop PC. Ini ibarat memasukkan mesin Porsche ke Toyota Avanza. Bisa saja, tetapi tidak optimal.

Sistem berdaya rendah akan kewalahan saat berhadapan dengan Windows, bahkan jika kapasitas memori dan harddisk-nya besar. Linux memang bisa mengatasi masalah penyitaan kapasitas harddisk, tetapi bagi sebagian besar orang Linux belum terasa bersahabat.

Salah satu solusi yang sedang dijajaki sejumlah vendor adalah membuat sebuah sistem operasi yang khusus didesain untuk netbook dan nettop. Contohnya Good OS dengan produk yang disebutnya Cloud. Tuntutan hardware Cloud OS ini rendah: prosesor x86, RAM 128MB, ruang storage 35MB. Sistem operasi yang ringan dan cepat mem-booting ini sedapat mungkin memanfaatkan aplikasi-aplikasi berbasis Internet.

Cloud OS akan diperkenalkan pada ajang CES di AS awal tahun depan. Selain Cloud OS, juga akan ada calon lain bernama Jolicloud, yang detailnya belum tersedia.


More info click here :
http://nino-computer.co.nr
http://baliforever4u.blogspot.com
http://malangoke.wordpress.com

0 comments:

Your Ad Here